Ada yang Nggak Biasa di “Ngobrol Kece”

21 Mar 2016

dr. David yang humoris (foto: Yasinta)

Beneran loh ada yang gak biasa di acaranya BloggerBDG yang saya ikuti hari Senin yang lalu, acara yang bertema Ngobrol Kece di Hotel Best Western Premier La Grande. Apa sih gak biasanya?

  1. Ini hari kerja dan kebetulan saya kerja sore jadi bisa ikutan karena acaranya di pagi hari.
  2. Pematerinya seorang dokter etestika dan anti aging dari DF Clinic yaitu, dr. David. Ini kali ketiga saya bertemu muka tapi baru kali ini dengar pemaparan beliau dari A-Z sambil duduk manis dan banyak menyerap ilmu yang baaanyak sekali dari beliau.
  3. Saya bertemu dengan banyak teman baru. Iyaa sih banyak teman- teman yang sudah saya kenal sebelumnya. Nah, dari sekian banyak teman yang dikenal, banyak wajah-wajah baru. Senang beberapa di antaranya bisa langsung berkenalan dan ngobrol santai biar pun singkat.
  4. Saya bisa mengajak Tanty dan Inna, sohib dari zaman SD. Mereka antusias sekali mengikuti acara ini dan sangat berterimakasih udah diajakin ke acara Ngobrol Kece yang sarat akan ilmu, dan ini sangat-sangat spesial buat saya.

Dari judul acaranya aja udah ketebak ini pasti sersan alias serius dan santai. Saya memilih memakai tshirt yang nyaman, celana jeans, dan sepatu yang biasa saya gunakan sehari-hari. Sementara seragam kerja sudah disimpan di tempat kerja. Biar simple aja sih soalnya udara di Bandung lagi gak menentu, hujan tapi gerah banget. Acaranya bener-bener sesuai tema, yaitu Ngobrol Kece “Body Aesthetic dan Kesehatan Tubuh”. Pengurus dan dr. David tidak menyediakan materi atau hand out untuk peserta yang hadir

Setelah sebelumnya acara dibuka oleh MC yang kece, yaitu Raja, tiga pengurus BloggerBDG menceritakan bergantian tentang pengalamannya setelah mendapatkan perawatan kecantikan di DF Clinic. Salah satunya Mas Ali yang dikenal dengan lelaki berciput. Ia melakukan perawatan rambut, sedangkan Teh Nchie dan Teh Efi melakukan perawatan kecantikan. dr. David sendiri awalnya membuka acara ngobrol ini dengan pertanyaan, “Apa yang akan kita bahas adalah masalah yang sedang dirasakan.” Satu persatu peserta udah gak sabar aja ngungkapin curahan hatinya ci ye … ada yang curhat tentang hormon, jerawat, ketombe, alergi, dan lainnya. Nah, dari situ meluas ke sana kemari tapi gak ngalor-ngidul gak jelas. Malah sebaliknya, penuh isi.

Saya dan teman-teman SD, Tanty dan Inna + Uwien (foto: Yasinta)

dr. David menjelaskan bahwa hormon dalam tubuh manusia itu ibarat managernya. Dia yang mengatur semua pergerakan dan pertumbuhan. Satu sama lain hormon ini bersambungan. Hormon akan rusak apabila perilaku orang yang bersangkutan juga tidak menjaganya dengan baik. Pada wanita, hormon progesteron lebih dominan. Dia akan mengatur siklus haid. Apabila hormonnya terganggu maka siklus haidnya akan maju atau mundur. Permulaan haid juga mempengaruhi kapan waktunya menopouse. Belakangan ini banyak anak-anak gadis yang dapat haid pertama usia di bawah 11-12 tahun. Ini karena apa? Anak terlalu banyak diberi asupan makanan dengan gizi buruk. Bukan berarti tidak diberi makan, tetapi asupan makan yang tidak seimbang atau terlalu berlebihan di salah satu jenis makanan. Salah satu contohnya adalah fried chicken atau makanan cepat saji. Udah mah ayamnya disuntik hormon, ada tepungnya, terus dimasak menggunakan minyak kelapa jenuh.

Hormon progesteron mempengaruhi juga kepada keluarnya ASI. dr. David berpesan jika ibu yang sedang meneteki dan ASInya sedikit, cara yang terbaik adalah mencari ibu pengganti dalam meneteki. Karena apa? Semakin ke sini harga susu sapi banyak yang murah. Sapi-sapi sekarang di peternakannya banyak yang disuntik hormon agar pengeluaran air susunya berlimpah melebihi batas normal, dan selalu diberi obat antibiotika supaya sapi tidak meradang karena diperah dengan paksa. Kebayang dong susu sapi yang diberikan ke bayi, alih-alih sehat tapi sudah tercampur dengan hormon dan antibiotika untuk binatang. Pokoknya ASI is the best.

Reaksi alergi pada tubuh ada bermacam-macam tempatnya, yaitu ada di mukosa seperti hidung meler atau perut gak nyaman. Pada kulit, pigmen kulitnya hancur seperti pada beberapa tempat kulit berubah jadi putih, ada juga dermatitis. Yang parah adalah penyakit LUPUS atau bisa juga pada paru-paru yang menyebabkan asthma. Dalam sifatnya, alergi bisa membuat bengkak atau hancur dan ini semua tidak ada obatnya. Nah loh, jadi gimana dong? Kita cuma perlu cari penyebabnya, dan hindari. Contohnya pada kulit yang alergi akan gatal-gatal kalo makan makanan laut, artinya harus dihindari makan makanan laut. Pada penyakit asthma akan terpicu apabila kena debu akan kambuh asthmanya, artinya hindari tempat yang berdebu.

UBAH GAYA HIDUP DAN JAGA ASUPAN MAKANAN

“Kalau mau good skin dan good body artinya harus good food,” kata dr. David. Ada orang yang segala makanan bebas masuk ke perutnya tetapi badan tetap langsing tanpa perlu bersusah payah diet. Itu terjadi karena metabolisme dalam tubuhnya bagus. Bagaimana supaya metabolisme bagus? Hormon dalam tubuh harus diperbaiki dengan berolahraga, dan olahraga yang bagus menurutnya adalah loncat-loncat seperti pada aerobik atau berlari, tapi nggak dengan lari dari kenyataan ya … hihi apa sih.

Dan tidak kalah pentingnya adalah asupan makanan. Hindari tepung-tepungan dan karbohidrat yang berlebih. Kalau seharian asupan makanan tidak baik, detoks tubuh dengan mengonsumsi sayuran mentah. Contohnya jus brokoli. Karena sayuran yang mentah itu lebih baik dari sayuran yang telah diolah, dikukus, atau direbus. Berhati-hatilah dengan zat kimia yang menempel pada sayuran, artinya baiknya yang organik dong ya. Atau cari amannya ya menanam sendiri.

dr. David pun mengatakan kebanyakan orang Indonesia berpuasa tidak dengan cara Nabi. Nabi menyarankan berbuka dengan yang manis dan dicontohkan adalah kurma, dua yang besar dan tiga yang kecil. Jadi, manis-manisan yang dimaksud bukan kolak dan sejenisnya. Kemudian setelahnya jangan makan yang berlebihan hanya karena sudah tidak makan seharian. Padahal kalau berpuasa betul maka semua penyakit akan sembuh dengan sendirinya. So, kapan mau hidup sehat? Saya sih mau mulai dari sekarang, kalau kamu?


TAGS ngobrol kece bloggerBDG kesehatan


-

Author

Follow Me