Berbuka dengan Menu yang Spesial

20 Jun 2015

Seekor ikan patin pun bahagia, meliuk-liuk di antara belasan rempah Bumbu Padang, daun kunyit, daun jeruk, asam kandis, dan tomat merah yang segar menggoda. Ikan itu bahagia karena diolah dengan baik, merasa dihargai, dan siap menyerahkan dirinya untuk disantap habis.

Ummi pun ikut merasakan kebahagiaan itu. Tampak jelas terlihat di antara rempah-rempah yang mendidih, gerakan ikan yang indah aduhai. Walaupun Ummi hanya menggunakan sebelah mata karena satunya tertutup perban. Mata yang tertutup itu merah dan rasanya pedih, bisa jadi infeksi atau entahlah. Membayangkan Abi, Kakak, dan Adik akan makan enak malam ini, pada akhirnya membuat segalanya begitu ringan. Padahal sedari pagi pekerjaan di RS seperti gak ada hentinya. Letih sudah pasti tapi sebentar lagi waktu berbuka, dan azan akan segera berkumandang. Artinya Ummi harus segera menyiapkan menu berbuka.

834ba9c85153cb2cfbc3bcfe57d7e77b_17-bumbu

Untung mudah sekali menggunakan rempah Bumbu Padang Restumande yang tidak menggunakan MSG itu. Bumbu ini juga bisa tahan selama 1 tahun jika kemasannya belum dibuka. Namun hanya tahan 1 minggu setelah kemasannya dibuka dan disimpan di lemari pendingin. Jelas tidak ada rasa khawatir nantinya. Jika kemasannya tidak tertutup rapat tentu akan berdampak tidak baik untuk kesehatan keluarga kecil ini.

Setelah 1 ekor ikan patin yang beratnya kurang dari 1 kg dicuci bersih dan disiangi, Ummi memasak bumbu basahnya terlebih dulu 5-10 menit. Sampai kira-kira tercium harum bumbunya dalam 100 ml air matang. Setelah itu masukkan bumbu-bumbu keringnya, ditambah 2 buah irisan tomat dan perasan jeruk nipis. Jangan lupa masukkan ikan patinnya berbarengan dengan air matang sebanyak 300-400 ml, diaduk perlahan supaya ikan gak terkoyak, sambil sesekali diaduk hingga 30 menit kemudian. Dan akhirnya, taraaa…..

02bc804cd58f24210f3274f5488e72cb_18-ikan

Dalam proses memasak ini, Ummi tidak menambahkan gula, garam, atau penyedap apapun. Hal ini dikarenakan rasa Bumbu Padang Restumande ini sudah pas di lidah. Tidak juga menggunakan jahe yang katanya bisa menghilangkan bau amis, karena asam kandis sudah bisa menghilangkan rasa amis pada ikan. Ummi pun tidak memasukkan semua asam kandis ini agar tidak terlalu asam. Ummi sebenarnya kurang suka dengan rasa asam, kecuali kalau ada rasa pedasnya. Yummy! Pada akhirnya, Adik dan Kakak sangat lahap makan ikan patin dengan Bumbu Padang Restumande rasa Asam Padeh ini karena katanya tidak pedas. Itu jelas bikin Ummi bahagia.

ebcb1e76c1a27ee9fd15a413afd0d632_19-bahagia

Bagi yang ingin mendapatkan rempah Bumbu Padang Restumande ini bisa langsung datang ke Jl. Brigjen Katamso 64 Bandung. Kalau malas, bisa order kok lewat SMS/WA 08562306040, Pin BB : 5755BC09. Bisa cek juga di FB: Rendang Kemasan Restumande, twitter @Restumande dan @BumbuPadang, termasuk di instagram: @Restu_mande. Mampir juga ke situsnya di http://www.restumande.com


TAGS Bumbu Padang Restumande Bumbu Padang Restumande Bumbu Padang Kemasan


-

Author

Follow Me