Ayat-Ayat Adinda

18 Jun 2015

“Suaranya bagus, jadi ingin nonton lagi, dan aku sampe keluar air mata pas nonton film ini. Sedih liat Adinda…,” begitu cerita kakak Bin kepada para sepupunya sehabis menonton film Ayat-Ayat Adinda.

4f3677636da10caddcf8d2b0ecd64f45_15-ayat2adinda

Menurut Ummi, inti cerita film ini adalah sebuah kekhawatiran, ketakutan, dan perasaan ingin diakui. Ayat-Ayat Adinda menceritakan tentang sebuah keluarga pindahan yang terusir karena perbedaan nilai agama yang dianutnya dan dianggap sesat. Hal ini membuat Faisal yang diperankan oleh Surya Saputra menutup diri dari kemasyarakatan kendati dia berjualan daging di pasar. Keputusan inilah yang membuat keinginan Adinda yang diperankan oleh Tissa Biani untuk ikut bergabung dalam vocal grup karena suaranya yang bagus untuk mengikuti lomba antar-SD ditolak dengan mentah-mentah oleh ayahnya. Bahkan penolakan ini disampaikan langsung oleh ayahnya kepada ibu kepala sekolah. Tentu saja hal ini membuat Adinda sedih dan kecewa dengan pilihan tersebut. Ibu Adinda yang diperankan oleh Cyntia Lamusu tidak bisa berbuat banyak.

Adinda tidak patah semangat ketika kedua sahabatnya mengajak untuk mengikuti lomba tilawatil Quran, kendati harus sembunyi-sembunyi dari awal pendaftaran hingga masuk final. Namun, akhirnya berita keikutsertaaan Adinda itu sampai juga ke telinga ayahnya karena ada yang merekam Adinda saat mengaji dan di-upload ke Youtube. Ayahnya tentu saja marah besar karena Adinda telah menonjolkan diri. Padahal, niat Adinda mengikuti lomba ini hanya ingin mendapatkan rasa bangga dari keluarganya. Meski Adinda pada akhirnya tidak memenangkan lomba ini karena caranya membaca Al-Quran agak berbeda dengan orang kebanyakan yang memakai langgam tertentu (kendati mahrojul hurufnya bagus dan benar), hal itu membuat keluarganya diterima oleh masyarakat. Dan itulah yang akhirnya membuat keluarganya, terutama ayahnya, menjadi bangga.

622bd111ee6eeb68120e69b8f038d096_16-ayat2adinda

Kendati tidak dijelaskan secara rinci perbedaan ajaran apa yang dianut keluarga ini sehingga dianggap sesat dan terusir dari masyarakat, film buatan Mizan dan disutradarai oleh Hestu Saputra ini baik ditonton bersama keluarga. Terbukti kakak dan adik setelah nonton film ini lebih bersemangat mengaji Al-Quran dan ingin bersuara bagus seperti Adinda. Semoga Kakak Bin dan Adik Anin menjadi anak yang solehah ya … amin.[]


TAGS ayat-ayat adinda hanung bramantyo hestu saputra surya saputra film indonesia


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post