Pesepeda Perempuan yang SMART

21 Dec 2013

SMART adalah cerdas, pintar, atau pandai. You name it, lah! Tapi kalo menurut Umi sendiri SMART itu berarti SMAkin Rajin (dan) Terlatih, khususnya di dunia sepeda.

a0d07fc1a14f95db27a69c5277e00bc4_smart-1

Komunitas NGN pas Hari Kartini

Memang banyak yang bilang Umi suka sepedaan gara-gara Abi. Ada benarnya juga, tapi gak begitu juga sih. Pada dasarnya bersepeda itu menyenangkan, dan itulah yang Umi rasakan setelah mencobanya. Apalagi keinginan Umi itu seperti mendapat dukungan saat Abi mendapatkan rezeki berupa doorprize sepeda yang langsung dihadiahkan untuk Umi. “Hatur nuhun ya, Bi.” Akhirnya Umi pun bisa bersepeda bersama Abi dan kadang sama anak-anak juga. Ternyata, bersepeda di jalan raya itu kalau gak berpengalaman, susah dan merepotkan. Terlalu banyak kendaraan seperti mobil dan motor yang gak melihat ada sepeda. Bukannya mereka gak melihat, tapi mereka gak terlalu peduli dengan adanya sepeda. Bikin ngeri lah pokoknya.

9a0bf27455a97c1b14968fdd97e393cc_smart-2

Komunitas NGN pas ke Kampung Blekok

Untungnya Abi sudah berpengalaman. Sudah sering dia mengawal kegiatan bersepeda baik itu funbike maupun undangan resmi dari beberapa pejabat kota. Pokoknya keren lah Abi. Umi merasa nyaman dan aman saat bersepeda bersamanya. Tapi kemudian yang menjadi pertanyaan adalah gimana nanti kalau gak ada Abi yang mengawal? Di tengah kebingungan itulah Umi berkenalan dengan NGN. NGN ini adalah kependekan dari Nu Gareulis Ngagowes, yaitu kumpulan pesepeda perempuan di Bandung dan Cimahi. Berdirinya sendiri sudah lupa kapan. Nah, bergabunglah Umi dengan NGN ini.

63f68c9e49abf034b8a26af9ab42ea25_smart-3Niat awal didirikannya komunitas ini adalah ingin mengajak para perempuan, baik itu ibu atau calon ibu, untuk percaya diri bersepeda diantara mayoritas pesepeda laki-laki, sekaligus merasa aman serta nyaman. Perlu diketahui kadang ada perasaan tidak nyaman saat menggowes di sekitar para laki-laki, apalagi mayoritas tidak terlalu mengenalnya. Karena itulah dengan adanya NGN ini Umi merasa nyaman dan bebas-bebas saja bersepeda karena isinya perempuan semua. Kita semua ngagowes berbarengan, sehat jiwa dan raga sudah pasti karena badan bergerak dan hasrat jiwa terpenuhi karena rasa senang bersepeda sekaligus bertemu dengan orang banyak serta menambah pergaulan. Sebentar, narik nafas dulu, soalnya kok tumben nulis panjang bener begini.

Lanjut deh, anggota NGN terdiri dari berbagai macam usia, dari yang muda sampai yang tua, dari yang masih single sampai yang sudah berkeluarga dan mempunyai anak. Dan Umi bangga termasuk berada di dalamnya karena NGN berisi para perempuan yang SMART. NGN sudah tiga kali mengalami pergantian ketua. Yang pertama adalah Dewi Gilang Kurnia, yang kedua Tina Setia Dahlan, dan yang ketiga adalah Amie Karmi. Sudah banyak program yang dilakukan atau didukung oleh NGN, dan itu demi kemajuan Kota Bandung tercinta. Kebetulan Abi pernah menuliskan sosok Tina di Kompasiana, yaitu tentang “Tina: Sang Kartini Pesepeda”.

3a8fb3ebd53b1f394031ee1e833b4d14_smart-4

Komunitas NGN pun Didukung Ibu Sendi Yusuf (istri Dede Yusuf)

06252e049eb67ee3b8ef7c6dd5bf0448_smart-5

Komunitas NGN pas Gowes Malam

Jadi, meski hobi sepeda memang didominasi oleh laki-laki, gak salah kok kalau Umi menyenangi dan menyukainya. Apalagi dengan adanya Komunitas Pesepeda Perempuan NGN. Pesepeda yang tidak hanya cantik tapi juga SMART. Bukan hanya SMAkin Rajin (dan) Terlatih, tetapi juga SMART dalam mengatur ritme kehidupannya. Umi bekerja dan tentu tetap punya kewajiban ngurus keluarga, tetapi masih bisa bersepeda dan berkumpul bersama temen-temen NGN. Kalau tidak SMART, mana bisa Umi bersepeda?[]

“Blogpost ini diikutsertakan dalam Lomba Ultah Blog Emak Gaoel”


TAGS pesepeda perempuan smart NGN nu gareulis ngagowes pesepeda smart


-

Author

Follow Me